Kebaya Kartini

Dari jaman TK sampai sekarang, kenapa perayaan Hari Kartini selalu identik dengan kebaya atau budana adat lainnya?

Bisa jadi jawabannya begini:

RA Kartini adalah pahlawan nasional ya.g menjadi simbol kebangkitan wanita di negeri ini. Gebrakannya melawan ketertindasan kaum wanita di zamannya, menjadi inspirasi hingga sekarang dan tidak akan lekang oleh waktu.

Dari dulu, foto beliau yang paling melegenda adalah foto beliau dengan senyum teduhnya, mengenakan kebaya. Sungguh elok kita melihatnya. Foto itu bisa jadi, jadi pencetus ide yang mejadikan kebaya sebagai simbol penghormatan kepada RA Kartini. Belakangan, berkembang lebih luas: bila tiba peringatan “Hari Kartini”, sebagai bentuk penghormatan, kita mengenakan busana adat dari masing-masing daerahnya.

Bagus. Paling tidak, setiap tanggal 21 April, kita diingatkan dan disuguhi parade busana kedaerahan masing-masing. Muncul kebanggan kita akan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Yang beraneka ragam. Bhinneka Tunggal Ika.

Busana hanyalah sebuah simbol. Lebih dari itu, semoga kita bisa meneladani perjuangan RA Kartini. Tidak hanya untuk kaum wanita. Bahkan pria sekalipun. RA Kartini menjadi sumber inspirasi kita bahwa derajat manusia sama di mata Allah SWT. Yang memedakan hanyalh amal dan ibadahnya.

Selamat Hari Kartini!

Leave a Comment