Review Buku | The Fall of The Khilafah: Runtuhnya Kekhalifahan Utsmaniyah

Perang besar yang meruntuhkan Khilafah Utsmaniyah dan mengubah selamanya wajah Timur Tengah

Resensi:

Dalam The Fall of The Khilafah ini, sejarawan pemenang penghargaan berbagai penghargaan, Eugene Rogan dengan sangat jelas menghidupkan kembali Perang Dunia Pertama dan apa yang terjadi setelahnya di Timur Tengah, dengan sangat detail.

Didukung oleh dana, persenjataan, dan penasihat militer dari Jerman, pemerintah Utsmaniyah menantang kekuatan Rusia, Inggris dan Prancis serta mencoba menyerukan jihad untuk melawan Pasukan Sekutu di sejumlah koloni Muslim. Pasukan Turki menghadiahkan sejumlah kekalahan yang menentukan pada Entente (Pasukan Sekutu) di Galipoli, Mesopotamia, dan Gaza sebelum gelombang pertempuran akhirnya berbalik menguntungkan Pasukan Sekutu. Kota-kota besar seperti Bagdad, Yerusalem, dan, akhirnya Damaskua jatuh ke tangan pasukan penyerang sebelum pemerintah Utsmaniyah setuju menandatangani gencatan senjata pada 1918.

Penyelesaian pasca perang menyebabkan pembagian wilayah Utsmaniyah untuk negara-negara pemenang meletakkan dasar konflik berkelanjutan yang terus menghiasi dunia Arab modern.

Buku ini berkisah tentang pertempuran dan intrik politik yang memukau dari Galipoli hingga jazirah Arab. The Fall of The Khilafah adalah bacaan penting bagi siapa pun yang ingin memahami Perang Besar dan asal usul Timur Tengah modern.

  • Diterjemahkan dari The Fall of the Ottomans; The Great War in the Middle East (Basic Books, New York, 2015)
  • Penerbit: Serambi, Jakarta
  • Penulis: Eugene Rogan
  • Jumlah Halaman: 563
  • Cetakan II (Januari 2017)

2 thoughts on “Review Buku | The Fall of The Khilafah: Runtuhnya Kekhalifahan Utsmaniyah

Leave a Comment