Cofee Beer, Minuman Legendaris Asli Jawa Timur

Saya yang kebetulan termasuk penyuka kopi, begitu melihat botol minuman ini langsung penasaran ingin coba. Coffe Beer, begitu yang tercetak di botol minuman ini yang saya temui berderet rapi di Rumah Makan Pecel Solo.

Penambahan kata “Beer” berhasil membuat saya penasaran. Saya pesan satu botol, tidak lupa disajikan dengan es agar lebih segar.

Penyematan kata ‘Beer’, mungkin tidak berbeda dengan Beer pada minuman bermerk A&W Root Beer. Karena tidak didefinisikan sebagai minuman beralkohol seperti kata wikipedia. Adanya soda (karbonasi) lah yang menjadikan alasan penggunaan kata ‘Beer’. Setidaknya itu yang dijelaskan sama mas-mas pelayan resto.

Saya cukup kecele. Ternyata bukan kopi yang jadi ramuan utamanya, melainkan essence cokelat yang ditambahkan gula dan pengawet buatan, plus melalui proses karbonadi untuk menambahkan soda agar memberikan kesan ‘beer’ tadi.

Kata seorang kawan senior, ternyata minuman ini cukup melegenda karena sudah ada minuman sejenis sejak dia menghabiskan masa kecilnya di wilyah Jawa Timur. Tercetak kota asal produksinya, yaitu di Ngoro, Jombang Jawa Timur dengan slogan pabrik yang cukup unik, “Perusahaan Limun Beruap, Agung” 😁

Kalau anda sedang traveling Jawa Tengah atau Jawa Timur, menemukan minuman ini, jangan ragu untuk mencobanya ya!

2 thoughts on “Cofee Beer, Minuman Legendaris Asli Jawa Timur

Leave a Comment